Friday, October 14, 2016

Mengenal POST (Power On Self Test)

masalahbuatluh.blogspot.com-Hai Sobat! mau mengenal post lebih lanjut? silahkan baca artikel ini sampai abis yaa ... . Power On Self Test atau yang lebih dikenal dengan (POST). POST adalah tes yang dilakukan komputer untuk mengecek fungsi-fungsi hardware pendukung komputer apakah komputer anda bekerja dengan baik atau tidak dan dsimpan pada ROM komputer (sama seperti BIOS).

POST dilakukan pada tahap awal booting (sewaktu awal mesin komputer bekerja), jika komputer mengalami seuatu masalah , maka akan terdeteksi gejala kesalahannya melalui POST yang berupa suara peringatan (bunyi beep) atay berupa pesan atau keterangan yang muncul terkait kesalahan yang dihadapi.

FUNGSI DARI POST

POST memiliki fungsi sebagai program pemindai atau pengecek kesehatan seluruh komponen komputer . Sebelum melanjutkan ke proses booting sistem operasi akan memberikan peringatan berupa bunyi beep atau keterangan tertentu jika terjadi disfungsi atau kerusakan hardware . Dengan begitu anda dapat mengetahui masalah - masalah yang terdapatdalam komputer dengan cepat sekaligus menrapkan solusinya dengan tepat.

Sekian artikel yang saya tulis semoga bermanfaat bagi anda semua ... jangan lupa kunjungi artikel saya yang alin yaa.. :D 

No comments:

Post a Comment